Posted on

Ampuh Untuk Menghilangkan Sifat Malas & Hobi Menunda Pekerjaan

Berupaya menghilangkan sifat malas/menunda adalah salah satu hal yang sangat tepat untuk Anda lakukan. Pasalnya, rasa malas atau suka menunda seperti ini hanya akan membuat pekerjaan dan aktifitas menjadi terhambat. Jika rasa malas itu hanya datang sesekali, tentu itu adalah hal yang wajar.

Namun jika rasa malas tersebut sudah akut dan datang setiap waktu, maka ini harus segera dicarikan solusinya. Dengan kata lain, walaupun malas sebenarnya adalah hal yang sifatnya manusiawi, tetapi malas bukanlah sesuatu yang patut dipelihara karena hanya akan membawa dampak buruk bagi Anda.

Penyebab Munculnya Rasa Malas

Pastinya, ada cukup banyak alasan kenapa seseorang merasa malas dan memilih untuk menunda pekerjaan. Di antara alasan tersebut biasanya ialah masih ada waktu untuk melakukannya, adanya toleransi jika pekerjaan belum selesai secepatnya dan berbagai macam alasan lainnya.

Sementara itu, dilansir dari helloSehat, disebutkan bahwa dalam dunia psikologi orang-orang yang cenderung sering menunda melakukan sesuatu biasanya berpikir butuh lebih banyak waktu untuk menyelesaikan pekerjaannya itu.

Selain itu, malas dan kebiasaan menunda pekerjaan seperti ini juga berkaitan dengan cara seseorang memandang apakah tugas tersebut sulit atau tidak. Jika sulit, biasanya seseorang akan menjadi tidak bersemangat sehingga mereka pun menunda pekerjaan yang sebenarnya bisa diselesaikan dalam waktu relatif singkat.

Cara Menghilangkan Sifat Malas/Menunda

Karena malas bukanlah sesuatu yang baik, sangat tepat kiranya jika Anda kemudian berusaha mengusirnya dari dalam diri sendiri. Untuk ini, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Di antaranya ialah dengan langsung mengerjakan pekerjaan.

Kalaupun Anda mempunyai banyak pekerjaan yang harus segera diselesaikan, pilih salah satunya yang ingin diprioritaskan. Masih ingin bermalas-malasan? Tidak masalah, Anda hanya perlu memaksakan diri untuk mengerjakan apa yang telah diprioritaskan tadi.

Dengan begini, nantinya Anda akan memperoleh irama, bahkan mungkin akan merasa lebih nyaman sekaligus bersemangat untuk menyelesaikan pekerjaan yang lainnya. Atau kalau Anda kesulitan menentukan mana yang harus didahulukan, Anda bisa pilih yang paling mudah terlebih dahulu.

Karena biasanya dengan Anda memulai dari hal-hal kecil, Anda tidak akan terbebani ketika harus melakukan hal-hal yang lebih besar nanti. Nah, ketika Anda mulai mengerjakan, pastikan agar Anda fokus dan sementara jauhkanlah hal-hal yang bisa membuat fokus Anda buyar.

Contoh, handphone. Saat bekerja, pastikan Anda menjauhkan benda tersebut terlebih dahulu karena dikhawatirkan Anda akan tergoda memainkannya saat sedang berusaha menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Anda juga bisa memberitahukan orang-orang sekitar atau anggota keluarga untuk tidak mengganggu Anda selama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Yakinlah, mereka akan mengerti dan mendukung usaha Anda untuk menyelesaikan apa yang menjadi tanggungan Anda.

Seimbangkan Waktu Beraktifitas dan Istirahat

Untuk mengatasi rasa malas bekerja, belajar ataupun aktifitas lainnya, Anda juga perlu menyeimbangkan waktu untuk beraktifitas dan istirahat. Untuk ini, Anda dapat mengikuti rumus 52 menit untuk bekerja dan 17 menit untuk beristirahat.

Namun pada intinya adalah pastikan Anda untuk tidak bekerja terus menerus. Berikan tubuh waktu untuk istirahat walaupun hanya sebentar. Karena ada kalanya rasa malas itu muncul karena tubuh ingin terhindar dari rasa lelah yang berlebihan.

Berikan Apresiasi pada Diri Sendiri

Untuk memacu diri agar lebih semangat lagi, Anda bisa memberikan apresiasi pada diri sendiri. Misalnya, jika Anda berhasil menyelesaikan suatu pekerjaan dalam waktu yang telah ditentukan, Anda dapat membeli es krim atau barang apapun untuk menyenangkan hati.

Menghilangkan sifat malas/menunda memang bukanlah hal yang mudah. Namun jika Anda terus membiarkannya, tentu ini akan membuat hidup Anda dalam kesulitan. Lakuan saja secara perlahan dan rasakan betapa menyenangkannya hidup dengan rajin dan penuh semangat. Jadi, kalau untuk sekarang, mana dulu yang akan diselesaikan?

 144 total views

Posted on

Terapi Untuk Mengatasi Perasaan Terlalu Sensitif dan Baper Yang Berlebihan

Perasaan sensitif adalah sesuatu hal yang bisa mengganggu aktifitas sehari-hari jika tidak terkontrol. Orang yang memiliki perasaan sensitif biasanya akan mudah tersinggung dengan hal-hal kecil seperti tidak diajak bicara. Jika memiliki perasaan terlalu sensitif dan baper, apa yg harus dilakukan?

Kepribadian baper yang ada pada diri seseorang ternyata bisa diatasi dengan beberapa cara. Jika Anda termasuk orang dengan perasaan sensitif, Anda bisa melakukan beberapa tips di bawah ini.

Step by Step Mengatasi Perasaan Terlalu Sensitif dan Baper

Penyebab baper bisa karena banyak hal seperti lingkungan dan pengalaman masa lalu. Anda yang memiliki perasaan sensitif bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini. jika dilakukan secara rutin bisa membantu Anda mengontrol emosi Anda.

Anda perlu mengambil jeda sesaat ketika perasaan sensitif menyerang. Langkah ini penting karena alih-alih langsung bertindak berdasarkan perasaan, Anda bisa menyetop perasaan tersebut dan memikirkan semuanya dari awal. Agar lebih terbantu Anda bisa hitung  angka dari 1 sampai 100.

Langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah akui apa yang anda rasakan. Misalnya, apakah Anda marah pada seseorang, atau Anda sedih karena perasaan Anda terluka oleh apa yang mereka lakukan? Apapun yang Anda rasakan, Anda harus mengakui perasaan tersebut, jangan menghindar.

Langkah ketiga yang bisa Anda lakukan adalah mengontrol pikiran. Setelah Anda mengakui apa yang Anda rasakan Anda bisa pikirkan langkah selanjutnya. Cara agar tidak baperan yang cukup efektif adalah memikirkan hal-hal yang dapat membuat diri Anda merasa lebih baik.

Jika Anda masih tidak bisa meredakan perasaan sensitif yang Anda rasakan, Anda bisa meminta bantuan profesional.

Aktivitas yang Bisa Meredakan Perasaan Sensitif

Berikut beberapa aktivitas yang bisa membantu Anda mengatasi perasaan baper yang menyerang Anda:

  1. Lakukan aktivitas yang bisa menjadi mood booster

Anda bisa Baca kisah seseorang yang Anda kagumi, tonton video YouTube yang lucu, bermain dengan binatang, dan tonton film yang Anda sukai. Anda juga bisa  atur ulang kamar Anda dan buat daftar tempat yang ingin Anda kunjungi.

  1. Cukupi kebutuhan dasar Anda

Untuk memenuhi kebutuhan dasar Anda bisa makan camilan sehat, minum segelas air, mandi, dan istirahat.

  1. Ungkapkan Perasaan

Untuk meredakan perasaan Anda, Anda bisa menuliskan perasaan Anda, buat daftar ucapan terima kasih, berteriak, menangis dan robek kertas menjadi potongan-potongan kecil.

  1. Latihan Relaksasi

Anda bisa mencoba relaksasi untuk meredakan perasaan baper. Latih pernafasan perut dengan cara taruh satu tangan di perut Anda dan mulailah menghirup udara dengan perlahan. Letakkan tangan Anda yang lain di dada Anda, rasakan detak jantung Anda, dan tahan nafas selama 5 detik.

Sekarang keluarkan napas Anda perlahan-lahan selama 10 detik. Ulangi proses ini 4 atau 5 kali dan Anda akan melihat detak jantung Anda melambat dan otot Anda rileks.

  1. Cobalah Relaksasi Otot Progresif

kencangkan jari-jari kaki Anda selama 5 hitungan, kemudian relakskan selama 5 hitungan. Kemudian gerakkan betis Anda, paha Anda, perut Anda, lengan Anda, dan leher Anda.

  1. Penyelesaian Masalah

Buatlah daftar solusi untuk masalah karena ini dapat membantu untuk bertukar pikiran dengan teman anggota keluarga. Anda juga bisa buat daftar kelebihan yang Anda miliki. Karena ada banyak hal tentang diri Anda yang luar biasa, dan mungkin bisa mengatasi perasaan sedih Anda saat ini.

Jika seseorang membuat Anda kesal, bicarakan dengan mereka secara langsung. Kadang berkomunikasi secara langsung dengan orang yang bersangkutan bisa menyelesaikan masalah dengan cepat.

Itulah solusi atas pertanyaan perasaan terlalu sensitif dan baper, apa yang harus dilakukan. Anda bisa melakukan tips di atas untuk mengurangi perasaan sensitif yang Anda rasakan. Jika dilakukan secara rutin Anda akan merasa jauh lebih baik dari sebelumnya, semoga membantu.

 132 total views

Posted on

Terapi Musik Untuk Bayi Yang Sering Menangis

Hadirnya seorang bayi ditengah-tengah keluarga merupakan hal yang ditunggu-tunggu. Terlebih bagi Anda pasangan suami istri yang telah mendambakan hadirnya seorang bayi ditengah-tengah keluarga Anda. Namun apa jadinya jika bayi sering menangis? Tentu ini bukanlah hal yang Anda inginkan bukan? Jika bayi sering menangis, ini solusi yang bisa Anda lakukan.

Menangis merupakan cara bayi untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitarnya. Biasanya mereka menangis saat mereka merasa haus, lapar, mengantuk, ingin buang air, merasa tidak nyaman dan lain sebagainya. Namun jika bayi sering menangis bahkan tanpa alasan yang jelas tentu hal ini patut di waspadai.

Saat bayi menjadi lebih sering menangis, mungkin terjadi sesuatu padanya yang tidak Anda ketahui. Seperti:

  • Tidak enak badan
  • Iritasi akibat popok yang basah atau kotor
  • Mengalami masalah perut, seperti kembung
  • Ingin bersendawa
  • Mengalami demam
  • Merasa tidak nyaman
  • Merasa kepanasan atau kedinginan
  • Rasa sakit yang terjadi salam tubuh sang bayi, dll.

Selain beberapa hal diatas, tentu masih banyak lagi yang menyebabkan seorang bayi menjadi lebih sering menangis. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan yang bisa membahayakan keselamatan sang bayi, jika bayi menujukkan gejala lebih sering menangis bahkan tanpa sebab yang jelas, Anda harus berkonsultasi pada ahli kesehatan tentang kondisi yang dialami bayi Anda. Karena bisa jadi penyebab bayi Anda sering menangis adalah penyakit serius yang dideritanya yang tidak Anda ketahui.

Namun jika ahli kesehatan menyatakan bahwa bayi Anda dalam kondisi yang sehat dan tidak menderita sebuah penyakit namun bayi masih sering menangis, tentu Anda harus mengatasi hal ini bukan? Jika bayi sering menangis, terapi solusinya.

Mungkin sampai saat ini belum banyak yang mengetahui bahwa terapi dapat digunakan untuk mengobati berbagai hal, termasuk mengatasi bayi yang sering menangis. Terapi yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi bayi yang sering menangis adalah Terapi Gelombang Otak Baby Silent.

Terapi Gelombang Otak Baby Silent merupakan sebuah terapi yang dirancang khusus oleh para ahli untuk membantu mengatasi bayi yang sering menangis, menenangkan perasaan bayi, membuat bayi tidur lebih nyenyak dan juga membuat bayi lebih sehat.

 166 total views

Posted on

Sudah Taukah Anda? Agar Rajin Belajar Mengatur Waktu Yang Efektif

Manajemen waktu adalah salah satu keterampilan paling bermanfaat yang akan membawa banyak kebaikan dalam hidup Anda. Baik secara pribadi dan profesional. Jika Anda tidak belajar mengatur waktu Anda secara efektif, cepat atau lambat Anda akan kesulitan menjalani aktivitas.

Waktu adalah aspek kehidupan yang sangat penting dan harus diatur sedemikian rupa. Hanya dengan belajar untuk menguasai seni manajemen waktu, hidup Anda akan mengalami perubahan positif dan jauh lebih bermanfaat.

Agar bisa menguasai manajemen waktu dalam hidup Anda, Anda harus tahu apa itu manajemen waktu yang efektif dan bagaimana cara mengatur waktu.

Apa itu Mengatur Waktu?

Mengatur atau manajemen waktu adalah koordinasi antara Anda dan jadwal kegiatan untuk memaksimalkan aktivitas harian Anda. Pada dasarnya, manfaat mengatur waktu memungkinkan orang untuk melakukan lebih banyak pekerjaan dengan lebih baik dalam waktu yang lebih singkat.

Mengapa Mengatur Waktu itu Penting?

Mempelajari seni manajemen waktu dapat menghasilkan dampak positif terutama pada kehidupan profesional Anda. Karena terkadang sebagian besar waktu Anda habiskan untuk satu kegiatan saja dan cenderung mengabaikan kegiatan lain.

Dengan belajar mengatur waktu Anda akan mendapat banyak manfaat manajemen waktu seperti manajemen tugas yang lebih baik dan produktivitas lebih tinggi. Selain itu tingkat stres Anda lebih rendah dan memiliki keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik.

Sebaliknya, jika Anda tidak dapat mengatur waktu Anda secara efektif, Anda dapat mengalami konsekuensi yang tidak diinginkan. Beberapa diantaranya seperti tenggat waktu yang terlewat, kualitas kerja buruk, dan tingkat stres yang lebih tinggi.

Selain itu Anda akan mengalami ketidakseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi Anda. Jadwal aktivitas yang buruk juga bisa ,menyebabkan kelelahan.

Dengan manajemen waktu yang efektif, Anda dapat dengan mudah mengelola segala kegiatan Anda. Ketika segala sesuatunya berjalan sesuai rencana, seseorang akan cenderung lebih kreatif, lebih bahagia, dan bisa mengurangi kelelahan di tempat kerja.

Jadi, sangat masuk akal untuk meluangkan waktu untuk belajar tentang cara dan teknik manajemen waktu untuk menguntungkan karir Anda. Anda juga bisa jauh lebih bahagia di kehidupan pribadi Anda.

Apa Saja Keterampilan Mengatur Waktu?

Jika Anda perhatikan sekeliling Anda Ada beberapa orang yang tampaknya memiliki cukup waktu untuk melakukan semua kegiatan mereka. Ini berarti mereka memiliki manajemen waktu yang baik sehingga waktu mereka lebih efektif.

Anda juga bisa melakukan banyak kegiatan dalam waktu yang singkat dengan cara melatih keterampilan manajemen waktu yang baik. Keterampilan manajemen waktu terdiri dari berbagai keterampilan yang akan membantu mengelola waktu dengan baik.

Beberapa diantaranya adalah buat jadwal harian Anda, prioritaskan hal yang paling penting dan menetapkan tujuan dengan jelas. Anda juga perlu mengasah keterampilan komunikasi, merencanakan hari dengan efektif, berlatih mendelegasikan tugas, dan latih untuk menangani stres dengan cara yang positif.

Bagaimana Cara Belajar Mengatur Waktu?

Sekarang setelah Anda mengetahui pentingnya manajemen waktu, Anda juga perlu menerapkan cara terbaik untuk mengatur waktu dengan bijak. Anda bisa gunakan keterampilan dan strategi manajemen waktu di atas sebagai acuan. Ingat keberhasilan Anda tergantung konsistensi Anda belajar manajemen waktu.

Anda tidak bisa serta merta langsung bisa melakukan berbagai macam kegiatan dalam waktu singkat. Anda bisa buat jadwal harian dan jadwal prioritas Anda lalu jalankan secara konsisten.

Belajar mengatur waktu dengan baik memang bisa menjadi aset Anda. Anda bisa menyelesaikan tugas dengan lebih baik dan lebih efektif. Anda juga bisa lebih bahagia karena tidak menyianyiakan waktu Anda bersama keluarga dan teman. Selamat mencoba.

 142 total views

Posted on

Diet Untuk Ibu Menyusui Bikin Cepat Kurus & Sehat

Pasca persalinan tak sedikit wanita yang ingin segera kembali langsing. Bertambahnya berat badan memang kondisi yang wajar bagi wanita hamil dan menyusui. Nafsu makan ibu menyusui meningkat karena produksi ASI. Biarpun begitu bukanlah hal tak mungkin melakukan diet untuk ibu menyusui.

Aturan Diet Ibu Menyusui

Ibu menyusui tidak boleh asal diet karena bisa mempengaruhi kualitas ASI yang dihasilkan. Terapkan aturan diet di bawah ini agar tubuh cepat kurus tapi tetap bugar meski berat badan telah berkurang!

  1. Konsumsi Kalori Harus 1500-1800 Per Hari

Membatasi konsumsi makanan memang aturan dasar dalam berdiet. Dilansir dari Hellosehat Ibu menyusui wajib memenuhi kalori tubuh sebesar 1500-1800 per harinya. Besaran kalori tersebut tidak akan mengganggu produksi ASI dan bisa mengurangi berat tubuh sebesar 0.5-1 kg per minggunya.

  • Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Penuhi kebutuhan cairan tubuh minimal dua liter atau delapan gelas per harinya. Anda bisa menambah konsumsi jus untuk menambah cairan tubuh.

  • Lakukan Diet Setelah Bayi Berusia 2 Bulan

Menurut Sehatq waktu paling ideal untuk diet bagi ibu menyusui ialah setelah bayi berusia 2 bulan.  Pada masa ini periode suplai ASI sudah bisa dikenali tubuh sehingga saat diet produksi ASI tidak akan menurun.

  • Kurangi Lemak Ketimbang Protein

Konsumsi makanan dengan protein tinggi ketimbang lemak. Kurangi 20-25 % konsumsi lemak. Asupan protein yang dibutuhkan tubuh biasanya berkisar 62 gram per harinya.

  • Olahraga & Komitmen

Ibu hamil juga perlu olahraga ringan yang bisa dilakukan 10-15 menit per harinya. Tidak lupa komitmen dan mematuhi jadwal makan diet ibu menyusui bisa membuat Anda lekas turun berat badan.

Menu Makanan yang Disarankan

Sebaiknya hindari diet mayo untuk ibu menyusui karena berbahaya bagi bayi. Diet mayo membatasi konsumsi garam dan karbohidrat pada tubuh. Padahal kualitas makanan akan mempengaruhi kualitas ASI yang dihasilkan. Berikut ini menu makanan yang disarankan dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui :

  • Pecel & Tahu Telur

Pecel terdiri dari sayuran yang tinggi folat dan serat. Kandungan ini bisa memperlancar pencernaan serta saus kacang mampu membuat Anda kenyang lebih lama. Tahu telur kaya akan protein yang dibutuhkan oleh tubuh

  • Biji-Bijian

Disarankan pula untuk mengkonsumsi biji-bijian saat sedang diet. Biji-bijian seperti kacang almond, kacang hijau maupun sorgum mampu menahan lapar lebih lama

  • Mie Shirataki

Menu diet mie shirataki juga bisa jadi pilihan makanan diet sehat Anda. mie shirataki dikenal memiliki kandungan kalori yang rendah dan bisa menurunkan kadar gula tinggi

  • Ikan & Ayam Panggang

Tak hanya sayuran saja diet juga perlu diselingi dengan konsumsi daging seperti ayam dan ikan. Ikan mengandung Omega 3 yang tinggi sementara ayam kaya akan zat besi dan protein.

  • Buah-Buahan

Ganti cemilan malam hari Anda dengan buah-buahan segar. Buah mengandung banyak vitamin didalamnya dan kaya akan mineral

Olahraga yang Direkomendasikan

Olahraga untuk ibu menyusui tak hanya membantu mengurangi berat badan namun juga menurunkan stress. Ada beberapa olahraga yang direkomendasikan untuk ibu menyusui seperti dibawah ini :

  1. Lompat tali setiap hari dengan durasi 5  menit saja
  2. Yoga atau pilates dapat membantu mengencangkan otot dan memperlancar produksi ASI
  3. Jogging bisa dilakukan disekitar rumah 10-15 menit sehari
  4. Squat serta berenang bisa jadi pilihan olahraga ringan untuk Anda yang sedang diet dan menyusui buah hati

Diet untuk ibu menyusui bisa dilakukan aman dan mendapatkan hasil maksimal bila mengikuti tips diatas. Selamat mencoba !

 156 total views

Posted on

Pikiran Negatif yang Tidak Baik , Penyebab Utama Depresi Berat

Pikiran negatif yang berlangsung dalam jangka waktu lama akan mempengaruhi kesehatan otak. Karena otak dipaksa untuk terus memompa zat kimia hingga perasaan terpengaruh dan terbawa.

Maka rasa bahagia bisa saja menjauh dan membuat Anda terjebak dengan pikiran buruk Anda sendiri. Sebelum itu terjadi dan membelenggu diri, kenali penyebabnya untuk dapat mengelola hidup dengan baik.

Penyebab Pikiran Negatif

Penyebab pikiran negatif ini menciptakan pola pikir yang salah dan merugikan diri sendiri:

  • Kondisi Kesehatan Mental

Keadaan ini bisa berupa OCD (obsessive-Compulsive Disorder) dan GAD (anxiety disorder) atau kekacauan jiwa. Bisa dikarenakan depresi yang berlebihan sehingga sulit untuk mengarahkan pikiran pada hal yang positif.

  • Efek Kortisol

Kortisol merupakan hormon yang lepas pada saat stress dan memperingatkan adanya bahaya sehingga disukai oleh otak. Bila situasi stress pada tubuh dan pikiran semakin tinggi, maka kortisol yang berfungsi penting untuk tubuh akan terbebani.

  • Kontemplasi

Pikiran negatif termasuk hal yang normal adanya asal tidak berlangsung secara terus-menerus, karena itu bahaya. Bila terbiasa, kesehatan mental akan berpengaruh serta kemampuan berpikir dan memproses emosi akan terganggu.

  • Berpegang pada Ketakutan

Pikiran negatif hanya akan mengantarkan Anda pada kemungkinan terburuk tanpa memikirkan peluang yang ada. Sehingga takut menatap masa depan dan sulit mengendalikan diri dari ketakutan dalam menjalani hidup.

  • Kecemasan

Kecemasan tentang apa yang dipikirkan orang lain akan membuat Anda dihantui rasa khawatir dan takut melakukan sesuatu. Terlebih jika hidup dalam lingkungan orang-orang yang selalu berpikir negatif, Anda akan kesulitan untuk berpikir positif.

  • Penyesalan

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan memalukan, tapi percayalah, itu wajar dan orang lain telah melupakannya. Bila terus memikirkan kegagalan masa lalu, maka kecenderungan berfikir negatif akan sangat besar.

Sebab-sebab tersebut menimbulkan pikiran negatif yang merusak perilaku, perasaan dan sumber keberadaan pikiran itu sendiri.

Contoh Pikiran Negatif

Contoh pikiran negatif yang menunda kebahagiaan dan memperburuk kesehatan:

  • Menunda Pekerjaan

Kebiasaan pola pikir yang membenarkan diri menunda pekerjaan telah menjadi problematika umum yang memicu stress. Saat pekerjaan dituntut selesai dalam waktu yang sudah dekat, Anda akan mulai panik dan itu tidak baik bagi kesehatan.        

  • Pesimis

Pesimis adalah bagian dari pikiran negatif yang menghantui Anda untuk tidak percaya pada potensi diri dan takut mencoba. Takut pada hasil akhir dan mudah putus asa sebelum memulai hanya akan mengajak Anda untuk terpuruk.

  • Menyalahkan Diri Sendiri

Kesalahan ada untuk dijadikan pelajaran, bukan sebagai alasan untuk menghakimi diri hingga lupa bahagia. Menghilangkan pikiran negatif ini bisa dengan melihat kesalahan sebagai ajang untuk memperbaiki kekurangan.

  • Selalu Merasa Lebih Buruk

Terlalu sibuk dengan kebahagiaan dan kelebihan orang lain sampai menganggap bahwa hidup mereka jauh lebih baik dari Anda. Padahal masih banyak sisi lain dari orang tersebut yang tidak Anda ketahui, bisa jadi mereka juga berpikir sama kepada Anda.

  • Selalu Menganggap Dirinya Tidak Beruntung

Melihat kenyataan tidak pernah sesuai dengan ekspektasi akan membuat Anda tidak yakin pada harapan dan kebahagiaan. Memposisikan diri sebagai korban dan menganggap semua hal tidak menyenangkan dapat memperkuat aura negatif.

Contoh pikiran tersebut dimulai dari hal kecil dan akan membesar jika tidak dilawan dengan pikiran positif.

Selanjutnya belajarlah mengatasi penyebab dari pikiran negatif dan menganggap ketidaksesuaian sebagai hal wajar. Hindari contohnya supaya tubuh dan pikiran tetap sehat serta mempercayai hal buruk sebagai kebaikan yang tertunda.

 150 total views

Posted on

Inilah Beberapa Gejala Penyakit Yang Bisa Diredakan Dengan Terapi Musik

Anda pasti pernah dengar istilah hipnoterapi yang banyak diidentikkan dengan penyembuhan penyakit hingga supranatural. Padahal jenis terapi ini lebih kepada memberikan sugesti positif pada pasien, untuk berada pada kondisi rileks sehingga gejala penyakit bisa diminimalisir apapun penyakitnya. Jadi kesembuhan tetap tergantung pada komitmen pasien itu sendiri.

Jenis terapi ini dilakukan dengan memberikan sugesti pada seseorang, untuk menggunakan alam bawah sadarnya mengatasi gejala penyakit yang dirasakan. Lalu gejala penyakit apa saja yang bisa dipulihkannya?

Gejala Penyakit Ini Berkurang Dengan Hipnoterapi

Sejumlah hipnoterapis mengungkapkan bahwa ada beberapa gejala penyakit yang memang bisa diminimalisir dengan cara hipnoterapi. Pastinya setelah dilakukan kajian awal sehingga muncul diagnosa dan pola terapi yang tepat. apa saja gejala tersebut?

  1. Gejala Penyakit Fisik

Merupakan berbagai gejala yang timbul dari berbagai jenis penyakit, setiap pasien pasti merasakan hal berbeda tergantung diagnosa. Diantaranya adalah:

  • Gangguan Lambung

Pada penderita gangguan lambung, gejala yang terjadi adalah perut terasa perih, ulu hati seperti ditusuk hingga naiknya asam lambung yang menyebabkan mual dan kembung.

  • Asam Urat

Penyakit ini identik dengan kaki kesemutan dan ngilu pada sendi.

  • Autoimun

Orang dengan penyakit ini sering mengalami masalah cepat lelah, otot yang sering pegal. Kemudian ruam yang menyerang permukaan kulit hingga masalah sulitnya untuk konsentrasi pada satu hal.

  • Penyakit Kulit

Kebanyakan penyakit kulit ditandai dengan gejala gatal, timbulnya benjolan di permukaan kulit.

  • Penyakit Reproduksi

Gejalanya tergantung jenis penyakit yang dialami, misalnya gangguan menstruasi dengan gejala kram perut dan pendarahan di luar siklus. Atau pada pria adalah disfungsi ereksi yang ditandai penis tak bisa bekerja maksimal saat berhubungan intim.

  • Tumor dan Kanker

Gejalanya bermacam-macam tergantung jenis tumor atau kanker yang diderita pasien. Mulai dari rasa lelah, badan ngilu, hingga gejala fatal yang mengganggu fungsi organ tubuh.

  1. Gejala Penyakit Mental

Untuk penyakit mental yang gejalanya bisa diatasi dengan manfaat hipnoterapi secara rutin, beberapa diantaranya adalah:

  • Gejala Depresi

Seperti gembira dan sedih dengan jeda yang ekstrim, atau suka melakukan hal-hal yang menyakiti diri sendiri.

  •  Gejala Kecanduan Hal Tertentu

Misalnya kecanduan narkoba yaitu mudah marah, suka mencuri, suka berbohong, Atau kecanduan pornografi sering masturbasi sendiri, mudah terangsang melihat hal-hal berbau seks.

  •  Gejala Penyimpangan Perilaku

Banyak jenis penyimpangan perilaku contohnya homoseksual dengan gejala utama menyukai sesama jenis, atau penyimpangan perilaku kekerasan dimana pasien suka ringan tangan pada siapapun tanpa merasa bersalah.

Tahapan Hipnoterapi Untuk Meminimalisir Gejala

Kalau Anda sudah paham pengertian hipnoterapi lengkap dengan gejala penyakit yang bisa diatasi dengan terapi ini, saatnya untuk tahu apa saja tahapan terapi yang bisa dilakukan.

  • Pretalk

Dilansir dari www.hellosehat.com tahapan ini adalah mengumpulkan informasi dari pasien, sehingga diketahui gejala apa yang dirasakan.

  • Analisa

Pasien akan diminta mengenali dirinya sendiri dengan menggunakan analisis strength, Weakness, Opportunities, Threats (SWOT).

  • Pra Induksi

Perancangan sugesti yang tepat sesuai hasil analisa yang sudah dilakukan, hal paling penting adalah keyakinan pasien untuk sembuh.

  • Induksi

Memasukkan sugesti di alam bawah sadar pasien, dimana dia akan dibawa ke posisi setengah tidur atau masuk kategori gelombang theta. Sehingga hipnoterapis bisa dengan mudah memberikan sugesti yang tepat, dan berhasil ditelaah oleh pikiran pasien.

  • Hipnosis

Kondisi pasien yang rileks terus diberikan sugesti dalam jumlah sedikit hingga benar-benar dipahami pasien.

  • Posthypnotic suggestion

Proses sugesti yang dilakukan terus menerus pada sesi terapi hingga selesai, dan pasien menunjukkan perubahan sesuai sugesti yang diberikan.

  • Termination

Mengembalikan pasien pada kondisi sadar dengan teknik tertentu.

Itulah informasi penting seputar kemampuan hipnoterapi, membantu pasien meminimalisir gejala yang ditimbulkan oleh penyakit tersebut. Biasanya terapi ini sebaiknya dilakukan beberapa kali untuk hasil maksimal, tergantung pada kondisi mental pasien dan keyakinannya untuk sembuh. Apakah Anda ingin mencobanya?

 134 total views

Posted on

Rahasia Menguasai Public Speaking Dalam Beberapa Hari

Banyak orang yang dituntut bisa melakukan public speaking, Tidak hanya di kalangan pendidikan, kalangan bisnis, pemuka agama dan politisi wajib bisa berbicara secara umum.

Berbicara didepan umum begitu penting, untuk melakukan proses komunikasi sehingga lebih gampang mengajak orang lain dalam waktu yang lebih singkat dan sasarannya lebih banyak daripada harus berbicara satu-satu.

Tapi kadang banyak orang yang tidak berani untuk tampil di depan umum, mereka grogi terlebih dahulu sehingga apa yang disampaikan tidaklah bagus dan sangat sulit mengena kepada audien.

Jadi berbicara di depan umum memang sangatlah penting, dalam melakukannya perlu berbagai hal pendukung. Tidak hanya memiliki keberanian saja, kemampuan otak juga sangat penting agar pesan tersampaikan dengan jelas dan enak didengarnya.

Menguasai Public Speaking

Agar anda bisa berbicara didepan umum, khususnya para pemula, maka pertama kali harus paham cara public speaking bagi pemula. Berikut akan kami sampaikan beberapa tips yang berguna untuk kemampuan publik speaking anda.

Pertama adalah jangan sampai asal bicara dan terburu-buru berkata ketika pertama kali dipanggil untuk melakukan pidato atau public speaking. Tapi ketika nama anda dipanggil, lalukanlah dengan santai.

Tutupi rasa grogi anda dengan berlaku santai, dan sebelum mengucapkan kata-kata maka tariklah nafas panjang terlebih dahulu dan bukalah pidato dengan salam.

Yang kedua adalah jangan sampai anda berbicara terlalu cepat. Berbicara terlalu cepat malah akan membuat anda semakin grogi saja. Lebih baik nikmatilah, berbicaralah secara perlahan tapi harus jelas.

Tips public speaking yang paling sederhana adalah berbicara perlahan agar audien bisa mendengar dengan jelas dan paham maksud dari perkataan anda.

Yang selanjutnya adalah jangan fokuskan pembicaraan atau waktu berbicara didepan umum untuk pertanyaan yang tidak perlu. Artinya jangan sampai anda meminta pendapat audien.

Jika anda sedang melakukan public speaking, maka usahakan posisi anda sebagai pemberi informasi bukan meminta informasi pada audien.

Yang terakhir adalah jangan sampai anda memasukkan kata atau ejekan dari orang yang tidak suka pada diri anda. Masukan yang baik adalah mereka dengan solusinya, tapi jika ada orang yang hanya berkata-kata saja tanpa memberikan solusi maka jangan diterima dan lebih baik cuek.

Manfaat Public Speaking

Tujuan daripada public speaking adalah untuk memberikan informasi kepada audien. Orang yang sedang melakukan public speaking biasanya dinamakan dengan orator.

Tapi masih banyak orang yang menganggap kemampuan berbicara didepan umum sebagai bukanlah kemampuan istimewa. Padahal jika anda bisa menjadi orator maka akan bisa meningkatkan kualitas diri.

Hal ini terjadi karena anda dituntut untuk tahu segala hal, agar bisa memberikan informasi kepada audien, sementara audien akan merasakan bahwa anda adalah orang spesial yang tahu banyak hal.

Kadang dalam bekerja di sebuah perusahaan, kemampuan public speaking juga begitu diperhatikan. Jika anda adalah orang yang pintar dan memiliki kemampuan menjadi orator yang ulung maka pasti akan cepat menjadi orang penting pada perusahaan tersebut.

Kemampuan menjadi orator juga penting ketika dalam kondisi lingkungan genting, misalkan telah ada instruksi dari pemerintah. Jika anda adalah orang yang dituakan di lingkungan maka harus menginformasikan pada masyarakat, tapi jika tidak memiliki kemampuan orator hal tersebut pasti tidak bisa dilakukan.

Yang paling penting dalam melakukan public speaking adalah tidak boleh panik, lakukan dengan santai dan jangan merasa terbebani. Berlatihlah sesering mungkin, dan jangan pernah berkata-kata kotor didepan public karena akan merusak citra diri anda.

 178 total views

Posted on

Apa Itu Kesehatan Mental ? Bagaiamana Cara Mengatasinya

Banyak sekali teori yang berbicara tentang makna kebahagiaan. Namun, jika ditelisik, hampir semuanya bermuara pada satu hal, bahwa yang namanya kebahagiaan identik dengan kesehatan mental. Mental diri yang kondisinya baik, akan menciptakan perasaan bahagia dari dalam diri.

Pertanyaannya, apakah Anda saat ini sedang berada dalam kesehatan mental yang baik? Tentu saja hanya Anda yang tahu jawabannya. Karena sesungguhnya tempat untuk mengukurnya ada pada diri masing-masing.

Pengertian Kesehatan Mental

Direktorat Promosi Kesehatan Kemkes mendefinisikan bahwa kesehatan mental adalah kondisi manakala batin kita ada dalam suasana yang tenang serta tentram. Sehingga dengan batin yang semacam itu, manusia dapat menikmati kehidupan yang dijalani serta menghargai orang-orang di sekitar.

Batin yang sehat ini sangat dipengaruhi oleh berbagai peristiwa yang dialami oleh manusia. Terutama, hal-hal yang memiliki dampak besar dalam kehidupannya. Jejak-jejak peristiwa itu dapat tersimpan di dalam batin dan membentuk tingkat kesehatan jiwanya.

Ciri Orang dengan Kesehatan Mental Baik

Untuk mengetahui apakah Anda termasuk orang yang sehat atau sakit dari sisi mental, Anda tak perlu ke dokter. Hal yang perlu Anda lakukan hanyalah mengidentifikasi tanda-tanda berikut ini. Silahkan refleksikan pada diri Anda ciri kesehatan mental baik berikut ini.

  1. Memiliki Jiwa Optimis

Terdapat hubungan yang sangat erat antara kesehatan batin dengan sikap optimisme. Orang yang optimis, sudah pasti jiwanya kuat. Tanpa kepemilikan atas jiwa yang kuat, tak mungkin tentunya Anda bisa optimis.

  1. Memiliki Kemampuan Mengendalikan Diri yang Baik

Orang yang sehat jiwanya, akan pandai dalam mengelola dirinya manakala masalah-masalah muncul dalam kehidupannya. Ia tidak mudah emosi dan melakukan tindakan yang terkategori di luar batas.

  1. Memiliki Kemampuan yang Baik untuk Bangkit Setelah Terpuruk

Berhubungan dengan optimisme yang dimilikinya, mereka yang bermental sehat juga tidak mudah putus asa. Kala berada pada titik yang rendah dalam hidupnya, mereka tak berlama-lama membiarkan diri dalam keterpurukan.

  1. Intensitas Stresnya Rendah

Stres sesungguhnya identik dengan gangguan mental. Maka sebaliknya, jika Anda merasa jarang mengalami stres, itu artinya mental Anda bagus.

  1. Terbuka serta Sanggup Menerima Kritik

Orang dengan jiwa yang bagus, tidak mudah down atau sebaliknya naik pitam ketika mendapatkan kritik. Ia terbuka dengan berbagai pandangan buruk tentang dirinya selama kritik yang dilontarkan terkategori kritik membangun.

Cara Menjaga Kesehatan Mental

Jika setelah melakukan proses identifikasi merasa dalam kondisi yang sehat mentalnya. Maka, hal yang mesti dilakukan selanjutnya adalah menjaga agar itu tetap dapat bertahan dan tidak berubah.

Setidaknya 6 cara yang Anda bisa lakukan agar kesehatan dalam aspek mental yang Anda miliki bisa tetap terjaga. Berikut ulasannya.

  1. Menerima kenyataan mengenai kondisi yang saat ini terjadi. Terutama berkaitan dengan fakta apakah Anda benar-benar sehat atau mengalami gangguan?
  2. Mengarahkan pikiran kepada hal-hal yang dapat mengalihkan stres ketika dirasa ia akan muncul. Misalnya kepada hal-hal yang bersifat hiburan.
  3. Membiasakan diri untuk membicarakan permasalahan kepada orang lain. Bersikap terbuka atas masalah yang dihadapi.
  4. Menjaga waktu tidur agar tetap cukup. Sesibuk apapun aktivitas, jangan biarkan menyita waktu tidur yang sudah ada porsinya.
  5. Selektif dalam memilih makanan. Dengan kata lain, memperhatikan kandungan gizi dan nutrisi yang ada di dalamnya.
  6. Menghargai diri sendiri. Memasang standar yang tinggi untuk harga diri sendiri. Tidak menjatuhkan wibawa dan derajat.

Nah demikianlah pembahasan tentang kesehatan mental. Semoga Anda terkategori orang yang sehat mentalnya juga kuat fisiknya. Semoga bermanfaat dan tetap semangat!

 164 total views

Posted on

Inilah Pengobatan Stroke yang Efektif Sesuai Jenisnya

Stroke adalah kondisi dimana terjadinya gangguan aliran darah menuju otak, sehingga asupan oksigen dalam otak pun berkurang. Stroke terbagi menjadi 2 jenis yaitu stroke iskemik dan stroke hemoragik, kedua stroke ini memiliki pengobatan yang berbeda. Simak selengkapnya mengenai pengobatan stroke berikut ini.

Cara Mengobati Stroke Iskemik

Stroke iskemik adalah stroke yang umum paling banyak terjadi, sekitar 80 persen stroke yang dialami manusia adalah stroke jenis ini. Stroke ini bisa terjadi saat pembuluh darah dalam arteri yang mengalirkan ke otak mengalami penyumbatan atau penyempitan, sehingga menyebabkan pendarahan dalam otak.

Pengobatan stroke iskemik ini difokuskan pada mengontrol tekanan darah, mengembalikan aliran darah dan mengontrol pernafasan. Adapun cara pengobatan stroke iskemik adalah:

  • Suntik rtPA (Recombinant Tissue Plasminogen Activator), suntik ini dilakukan lewat infus yang fungsinya mengembalikan aliran darah. Tapi tak semua tubuh pasien stroke bisa menerima pengobatan cara ini, karena itulah sebelum melakukan penyuntikan biasanya dokter melakukan tes dahulu pada penderita stroke.
  • Obat antiplatelet, obat ini gunanya untuk mencegah agar tidak terjadi pembekuan darah dalam otak.
  • Obat antikoagulan, obat ini bekerja dengan cara mengubah faktor pembekuan darah, biasanya obat jenis ini diberikan pada pasien stroke yang mengalami gangguan irama jantung.
  • Obat antihipertensi, bagi  mereka yang baru mengalami stroke biasanya tekanan darah mengalami penurunan yang tidak terlalu rendah sebagai upaya menjaga suplai darah dalam otak. Dan setelah tekanan darah stabil akan mengalami penurunan ke level optimal.

Obat ini gunanya untuk mencegah stroke yang berulang karena hipertensi merupakan faktor terbesar terjadinya stroke.

  • Statin, obat ini jenis ini fungsinya untuk menurunkan kolesterol bagi penderita stroke dengan cara bekerja menghambat enzim kolesterol dalam organ hati.
  • Endarterektomi karotis, merupakan tindakan operasi yang diperlukan bagi penderita stroke, prosedur operasi ini dilakukan dengan cara pembedahan di bagian leher penderita untuk membuang lemak yang menumpuk yang menyebabkan tersumbatnya arteri karotis. arteri karotis adalah arteri yang terdapat pada sisi leher menuju otak.

Meskipun operasi endarterektomi karotis adalah cara efektif mengatasi stroke namun tidak cukup aman dilakukan bagi penderita stroke yang juga mengalami gangguan kesehatan lainnya, misalnya penderita stroke yang juga menderita penyakit jantung.

Oleh karena itu dalam beberapa kasus tindakan operasi seperti ini tidak dianjurkan.

  • Angioplasti,  cara ini dilakukan dengan melebarkan arteri karotis. Caranya adalah dengan memasukkan kateter lewat pembuluh darah pada pangkal paha yang lalu diarahkan menuju arteri karotis. Kateter membawa balon khusus dan setelah berada di arteri karotis, balon ini digelembungkan yang gunanya memperluas arteri yang terhambat dan disangga dengan ring.

Cara Mengobati Stroke Hemoragik

Pada kasus penderita stroke hemoragik pengobatan difokuskan untuk mengendalikan perdarahan dan tekanan pada otak, dan cara pengobatan stroke hemoragik adalah:

  • Obat-obatan, jenis obat yang dapat diberikan pada penderita stroke jenis ini adalah obat untuk menurunkan darah, menurunkan tekanan pada otak, serta untuk mencegah agar tidak terjadi kejang pada penderita. Bila penderita mengkonsumsi obat jenis antiplatelet atau antikoagulan maka dokter juga akan memberikan obat jenis lain untuk membalik efek obat tersebut.
  • Operasi, stroke hemoragik juga dapat diatasi dengan cara operasi. Operasi ini dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi tekanan pada otak, dan dapat memperbaiki pembuluh darah yang telah pecah.

Itulah beberapa informasi mengenai pengobatan stroke yang efektif sesuai dengan jenisnya, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Selalu jaga kesehatan.

 154 total views