Posted on

Cara Menghilangkan Sifat Malas / Menunda

Berupaya menghilangkan sifat malas/menunda adalah salah satu hal yang sangat tepat untuk Anda lakukan. Pasalnya, rasa malas atau suka menunda seperti ini hanya akan membuat pekerjaan dan aktifitas menjadi terhambat. Jika rasa malas itu hanya datang sesekali, tentu itu adalah hal yang wajar.

Namun jika rasa malas tersebut sudah akut dan datang setiap waktu, maka ini harus segera dicarikan solusinya. Dengan kata lain, walaupun malas sebenarnya adalah hal yang sifatnya manusiawi, tetapi malas bukanlah sesuatu yang patut dipelihara karena hanya akan membawa dampak buruk bagi Anda.

Penyebab Munculnya Rasa Malas

Pastinya, ada cukup banyak alasan kenapa seseorang merasa malas dan memilih untuk menunda pekerjaan. Di antara alasan tersebut biasanya ialah masih ada waktu untuk melakukannya, adanya toleransi jika pekerjaan belum selesai secepatnya dan berbagai macam alasan lainnya.

Sementara itu, dilansir dari helloSehat, disebutkan bahwa dalam dunia psikologi orang-orang yang cenderung sering menunda melakukan sesuatu biasanya berpikir butuh lebih banyak waktu untuk menyelesaikan pekerjaannya itu.

Selain itu, malas dan kebiasaan menunda pekerjaan seperti ini juga berkaitan dengan cara seseorang memandang apakah tugas tersebut sulit atau tidak. Jika sulit, biasanya seseorang akan menjadi tidak bersemangat sehingga mereka pun menunda pekerjaan yang sebenarnya bisa diselesaikan dalam waktu relatif singkat.

Cara Menghilangkan Sifat Malas/Menunda

Karena malas bukanlah sesuatu yang baik, sangat tepat kiranya jika Anda kemudian berusaha mengusirnya dari dalam diri sendiri. Untuk ini, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Di antaranya ialah dengan langsung mengerjakan pekerjaan.

Kalaupun Anda mempunyai banyak pekerjaan yang harus segera diselesaikan, pilih salah satunya yang ingin diprioritaskan. Masih ingin bermalas-malasan? Tidak masalah, Anda hanya perlu memaksakan diri untuk mengerjakan apa yang telah diprioritaskan tadi.

Dengan begini, nantinya Anda akan memperoleh irama, bahkan mungkin akan merasa lebih nyaman sekaligus bersemangat untuk menyelesaikan pekerjaan yang lainnya. Atau kalau Anda kesulitan menentukan mana yang harus didahulukan, Anda bisa pilih yang paling mudah terlebih dahulu.

Karena biasanya dengan Anda memulai dari hal-hal kecil, Anda tidak akan terbebani ketika harus melakukan hal-hal yang lebih besar nanti. Nah, ketika Anda mulai mengerjakan, pastikan agar Anda fokus dan sementara jauhkanlah hal-hal yang bisa membuat fokus Anda buyar.

Contoh, handphone. Saat bekerja, pastikan Anda menjauhkan benda tersebut terlebih dahulu karena dikhawatirkan Anda akan tergoda memainkannya saat sedang berusaha menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Anda juga bisa memberitahukan orang-orang sekitar atau anggota keluarga untuk tidak mengganggu Anda selama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Yakinlah, mereka akan mengerti dan mendukung usaha Anda untuk menyelesaikan apa yang menjadi tanggungan Anda.

Seimbangkan Waktu Beraktifitas dan Istirahat

Untuk mengatasi rasa malas bekerja, belajar ataupun aktifitas lainnya, Anda juga perlu menyeimbangkan waktu untuk beraktifitas dan istirahat. Untuk ini, Anda dapat mengikuti rumus 52 menit untuk bekerja dan 17 menit untuk beristirahat.

Namun pada intinya adalah pastikan Anda untuk tidak bekerja terus menerus. Berikan tubuh waktu untuk istirahat walaupun hanya sebentar. Karena ada kalanya rasa malas itu muncul karena tubuh ingin terhindar dari rasa lelah yang berlebihan.

Berikan Apresiasi pada Diri Sendiri

Untuk memacu diri agar lebih semangat lagi, Anda bisa memberikan apresiasi pada diri sendiri. Misalnya, jika Anda berhasil menyelesaikan suatu pekerjaan dalam waktu yang telah ditentukan, Anda dapat membeli es krim atau barang apapun untuk menyenangkan hati.

Menghilangkan sifat malas/menunda memang bukanlah hal yang mudah. Namun jika Anda terus membiarkannya, tentu ini akan membuat hidup Anda dalam kesulitan. Lakuan saja secara perlahan dan rasakan betapa menyenangkannya hidup dengan rajin dan penuh semangat. Jadi, kalau untuk sekarang, mana dulu yang akan diselesaikan?

 16 total views

Posted on

Inilah Cara Yang Tepat Mengatasi Anak Tantrum

Keterbatasan kemampuan bahasa untuk mengekspresikan perasaan seringkali membuat anak mengalami tantrum. Jangan dibiarkan, segera atasi anak tantrum agar tidak menjadi kebiasaan buruk si kecil.

Sebagai orang tua, tetaplah tenang ketika anak mulai meledakkan emosinya. Jangan ikut melakukan hal yang sama supaya si kecil juga bisa tenang dan tantrumnya lebih mudah diatasi. Maka ketahui penyebab terjadinya tantrum pada anak dan tips atasi anak tantrum.

Penyebab Tantrum Pada Anak

Tantrum adalah keadaan dimana anak merasa marah dan frustasi sampai menangis sambil meronta dan berteriak. Kondisi ini adalah sebagai wujud luapan emosi atau bahkan menjadi ajang bagi anak untuk mendapatkan keinginannya.

Anak bisa melakukannya dengan menahan napas, meronta, merengek, menggigit sampai membuat hentakan ke lantai. Bahkan berguling, mencubit, menendang, memukul atau menyakiti diri sendiri dan orang lain.

Keadaan ini biasa terjadi pada anak usia 12 sampai 18 bulan dan akan memuncak ketika memasuki usia 2 tahun.

Karena pada usia itu anak belum bisa mengutarakan atau berkomunikasi dan membicarakan pendapatnya dengan baik. Periode tumbuh kembang tersebut adalah awal anak memiliki kesadaran dan menegaskan kebebasannya dari orang tua.

Bahkan kesulitan mengungkapkan rasa ngantuk, sakit, lelah atau lapar juga bisa menjadi penyebab anak tantrum. Sehingga mereka berpikir bahwa orang tua telah berbuat salah kepadanya.

Meskipun kasus tantrum akan berkurang lalu menghilang di atas usia 4 tahun, alangkah lebih baik jika diatasi dengan segera.

Cara Mengatasi Anak Tantrum

Memenuhi keinginan saat anak tantrum bukanlah pilihan terbaik, karena si kecil akan melakukannya lagi supaya terkabul. Ada saatnya untuk diabaikan dan biarkan supaya anak sadar bahwa caranya tidak akan berhasil.

Menurut https://www.alodokter.com, cara atasi tantrum pada anak yang harus dilakukan orang tua pertama kali adalah menenangkan diri sendiri. Segera tarik napas dalam-dalam lalu jaga dan kendalikan emosi supaya dapat bersikap tenang namun tegas.

Dengan Anda bersikap tenang, ini akan menghindari perilaku mencubit atau memukul, karena itu tidak akan menyelesaikan. Sebaliknya, berikan pelukan dan ciuman sebagai bentuk perhatian dan kepedulian bahwa Anda mencintainya.

Maka lihatlah keajaiban dari ciuman dan pelukan dalam atasi tantrum anak 2 tahun. Ketenangan dari kehangatan Anda dapat menghindari anak dari tantrum berkepanjangan.

Kemudian Anda dapat mencari tahu penyebabnya dengan menanyakannya pada si kecil.

Ajak si kecil berbicara supaya mengungkapkan perasaannya dan merasa bahwa ada yang mendengar keinginannya. Bila belum bisa berbicara, tanyakan pelan-pelan sampai  anak mengangguk dan menggeleng.

Perasaan yang lega, juga dapat meredakan amarah dan emosinya. Untuk melakukan itu, fokuskan perhatian hanya pada si kecil dan hentikan kesibukan Anda sementara.

Bila sudah diketahui penyebabnya, Anda akan lebih mudah mengatasi si kecil yang sedang tantrum.

Setelah itu Anda dapat mengalihkan perhatiannya pada hal yang baru, karena anak mudah sekali melupakan sesuatu. Anda juga dapat melakukan ini saat anak baru mulai marah atau rewel dan berteriak.

Lakukan sedikit humor atau beri candaan ringan supaya anak dapat tersenyum lagi. Seperti mengajak bermain sambil sedikit bercerita atau membuat ekspresi wajah dan main tebak-tebakan.

Mengajaknya bermain gelembung atau busa dan air serta sabun supaya rileks juga bisa sebagai terapi anak tantrum. Tidak ada salahnya juga keluar rumah untuk mendapat suasana baru dan teman sebaya, sehingga si kecil melupakan rasa kekesalannya.

Namun bila tantrum terlalu sering terjadi dan sampai menyakiti dirinya sendiri, konsultasikan dengan dokter anak. Kemudian dapatkan penanganan yang tepat untuk atasi anak tantrum.

 16 total views

Posted on

Mengasah Kreativitas Diri Tanpa Batas Dengan Cara Sesederhana Ini

Asah kreativitas diri tentunya harus mulai dikembangkan oleh setiap orang saat ini. Karena dunia yang semakin canggih, menuntut Anda semua untuk bisa bersaing secara sehat dengan kreativitas tanpa batas. Dalam melakukan hal tersebut, asah kreativitas diri sejak dini harus dilakukan.

Dengan memiliki jiwa kreativitas yang tinggi, Anda bisa merealisasikan ide-ide Anda dalam berbagai aspek kehidupan. Salah satunya pekerjaan Anda, mungkin Anda bisa mulai mengembangkan bisnis dengan inovasi baru dan segar. Namun bagaimana cara menjadi kreatif tersebut?

Cara Mengasah Kreativitas Diri Tanpa Batas

Dalam persaingan era globalisasi saat ini Anda sudah dipastikan dituntut untuk kreatif. Tanpa sebuah kreativitas, Anda akan sulit mengembangkan ide cemerlang Anda. Namun biasanya beberapa orang mengeluh karena belum bisa menyalurkan ide-ide yang ada dengan inovasi baru.

Anda tidak perlu khawatir, dilansir dalam klikdokter.com Anda bisa memulai dengan selalu berpikir positif dalam beraktivitas. Berpikir kegagalan sebelum mencoba segala hal dapat mencegah Anda dalam melakukan sebuah kreativitas baru. Kata-kata seperti gagal akan merangsang otak untuk bertindak demikian.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk merangsang otak untuk selalu berpikir bahwa mencoba lebih baik sebelum menghakimi sesuatu. Mulai menanamkan pemikiran semua akan sukses ketika ditekuni dengan benar. Pada akhirnya otak akan mulai terstimulasi untuk memecahkan sebuah masalah dengan cara yang baik.

Kemudian, memulai sesuatu yang Anda rasa baru dan menantang diri juga bisa mengasah jiwa kreatif. Erat kaitannya dengan cara pertama, memulai hal baru memang sulit, namun hal ini menjadi ajang untuk menantang diri melakukan hal yang sulit. Coba untuk mulai menulis apa saja yang ingin Anda lakukan.

Selanjutnya, setelah menantang diri dan juga memulai hal baru, hilangkan juga perasaan takut dalam mengambil sebuah resiko. Karena semua pilihan yang Anda tentukan dalam hidup pasti mengandung berbagai resiko. Walau manusia memiliki sifat dasar takut untuk rugi, Anda bisa menepisnya dengan melakukannya langsung.

Kemudian, ketika pikiran Anda sudah bisa terbangun dengan kata-kata positif. Hal tersulit selanjutnya adalah bertahan untuk selalu melakukan hal yang sama. Karena bertahan lebih terasa melelahkan dibanding dengan memulai dari awal.

Evaluasi Diri dan Diskusi dalam Asah Kreativitas Diri

Namun ketika Anda merasa gagal, Anda tidak perlu bersedih hati, Anda bisa mengambil istirahat sejenak. Dalam istirahat sejenak, Anda juga berlatih untuk memberikan waktu mengevaluasi diri [ada hal yang Anda lakukan. Dari situasi tersebut Anda bisa menentukan langkah baru dalam menghindari kegagalan.

Setelah mencoba mengevaluasi diri, Anda juga membutuhkan teman untuk berkonsultasi tentang ide Anda. Karena nantinya opini orang lain juga penting untuk melihat kekurangan kecil. Anda bisa mencari teman yang berwawasan luas dan terbuka dalam melakukan diskusi.

Banyak orang gagal karena tidak melakukan evaluasi diri dan mencoba berdiskusi dengan teman. Apalagi Anda bisa mengambil banyak pembelajaran dari teman yang pernah melakukan hal yang Anda sedang tekuni. Cara mengembangkan kreativitas memang harus dilakukan dengan konsisten.

Selain itu, Anda akhirnya memiliki koneksi yang mungkin bisa membantu hal yang sedang Anda lakukan. Tanpa koneksi, ibarat sebuah bisnis, tidak akan berkembang dan menghasilkan keuntungan. Jadi perlu tentunya rekanan dalam sebuah bisnis yang sukses.

Ciri orang kreatif dan inovatif memang terlihat mudah dilakukan, namun dibalik itu semua Anda harus tekun dan sabar. Karena ketika Anda tidak sabaran dalam melakukan hal baru, akhirnya Anda akan malas untuk mencoba hal baru. Semoga artikel terkaitcara asah kreativitas diri diatas dapat bermanfaat bagi Anda.

 24 total views

Posted on

6 Cara Alami Mengobati Vertigo Secara Yang Kambuh

Vertigo termasuk kondisi yang harus segera ditangani, karena bisa membahayakan penderitanya. Untuk menangani vertigo ada beberapa cara dan cara tradisional adalah salah satunya. Nah, jika Anda lebih suka mengobati vertigo secara tradisional, maka Anda harus menyiapkan sejumlah bahan.

Bahan-bahan tersebut adalah bahan alami dan pastinya akan dengan mudah Anda temukan. Jadi, begitu vertigo mulai menyerang, silahkan Anda ambil posisi yang paling nyaman terlebih dahulu. Setelah itu cobalah racik obat vertigo alami menggunakan bahan-bahan yang dimaksud, yakni sebagai berikut

Bahan-Bahan yang Bisa Digunakan untuk Mengobati Vertigo Secara Tradisional

1.   Cuka Apel dan Madu

Berdasarkan yang disampaikan di helloSehat, Anda bisa mengatasi vertigo menggunakan cuka apel yang dicampur dengan madu. Kombinasi kedua bahan ini dipercaya mampu mengatasi gejala vertigo berupa sensasi berputar sekaligus melancarkan aliran darah di otak.

Untuk mengobati vertigo secara alami menggunakan bahan pertama ini, Anda dapat mencampur satu sendok cuka apel dengan dua sendok madu. Racikan obat ini bisa Anda konsumsi secara rutin hingga gejala vertigo yang Anda rasakan berkurang.

2.   Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba merupakan bahan herbal yang memang bisa diandalkan untuk mengatasi berbagai gangguan saraf termasuk vertigo. Bahan herbal satu ini akan bekerja dengan cara memperlancar peredaran darah otak, kepala dan juga telinga bagian dalam.

Dengan demikian, gangguan keseimbangan dan pusing yang Anda rasakan bisa teratasi. Menurut suatu studi yang telah dipublikasikan dalam International Journal of Otolaryngology, diketahui bahwa ginkgo biloba mempunyai tingkat efektifitas yang sama dengan obat betahistine dalam meredakan gejala vertigo.

Untuk saat ini, ekstrak ginkgo biloba sudah hadir dalam bentuk tablet yang bisa Anda jadikan pilihan. Namun harus dipahami dulu, ginkgo biloba ini masih mempunyai kemungkinan untuk menimbulkan efek samping.

Misalnya membuat detak jantung lebih kencang, sakit kepala, sembelit dan alergi. Jadi, ada baiknya jika dikonsultasikan dulu dengan dokter. Selain itu, ginkgo biloba sebaiknya dihindari oleh pasien yang akan menjalani operasi, penderita diabetes, pasien yang tengah menjalani program hamil, ibu hamil dan ibu menyusui.

3.   Jahe

Anda juga bisa mengatasi vertigo secara alami menggunakan jahe. Berdasarkan suatu penelitian yang telah diterbitkan di Journal of Acupuncture and Tuina Science, berhasil diungkapkan bahwasanya sensasi rasa pedas yang ditimbulkan oleh jahe bisa membantu mengatasi vertigo.

Jahe diyakini mampu melancarkan peredaran darah sehingga baik telinga bagian dalam maupun otak akan memperoleh suplai oksigen dari darah. Untuk menyembuhkan vertigo secara alami dengan cara inibisa dilakukan dengan merebus 2 – 4 gram jahe selama kurang lebih 5 menit.

Jika sudah, Anda bisa menyaring airnya lalu tambahkan madu dan daun mint supaya rasa dan aromanya lebih enak. Jahe yang bisa digunakan di sini terserah Anda, bisa jahe utuh seperti biasa, yang sudah diparut maupun jahe dalam bentuk bubuk.

4.   Minyak Esensial

Pengobatan vertigo secara alami juga bisa dilakukan dengan menggunakan minyak esensial. Adapun contoh minyak esensial yang bisa Anda manfaatkan dalam hal ini ialah lemon, lavender atau peppermint.

Minyak esensial disebut-sebut mampu meringankan gejala vertigo seperti mual, pusing dan sakit kepala. Anda juga bisa menggunakannya baik dengan cara dihirup maupun dioleskan ke kulit.

Namun, jika ingin mengoleskan ke kulit, pastikan dulu Anda tidak mempunyai alergi dengan minyak esensial. Salah satu cara termudah untuk mengetahuinya ialah dengan mengoleskan minyak tersebut ke pergelangan tangan bagian dalam.

Kurang lebih itulah bahan yang bisa Anda manfaatkan untuk mengobati vertigo secara tradisional. Sangat disarankan agar Anda juga memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan baik karena ada kalanya gejala vertigo muncul ketika Anda dehidrasi. Semoga bermanfaat.

 18 total views

Posted on

Sangat Mudah Atasi Kecemasan Sosial

Pernahkan Anda merasakan ketakutan luar biasa saat berada di tengah keramaian, atau cemas tingkat tinggi saat berkomunikasi dengan orang lain? Bisa jadi Anda memiliki masalah kecemasan sosialatau disebut juga social anxiety disorder, jika tidak diatasi akan merusak kehidupan jangka panjang. Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Kecemasan yang satu ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Diantaranya kondisi lingkungan yang membuatnya cemas setiap saat, kondisi bagian otak yang disebut amigdalayang tidak normal, atau jumlah hormon serotonin yang tidak cukup di dalam tubuh. Ketika penyebab bisa diketahui, maka cara mengatasi yang dilakukan akan lebih tepat.

Cara Mengatasi Kecemasan Sosial Pada Anak-Anak

Jika Anda bisa mengidentifikasi kecemasan sejak kecil, akan lebih mudah untuk mengatasinya. Tinggal mengikuti beberapa cara mengatasi kecemasan sosial ini, yang sebaiknya dilakukan oleh orangtua atau orang terdekatnya.

Mulailah dengan menghargai perasaan cemasnya dengan memperlihatkan rasa empati, dengan begitu dia tidak akan merasa sendirian menghadapi hal tersebut. Bisa dengan memberikan pelukan hangat, membelai kepalanya, atau mengusap pundaknya hingga anak merasa tenang.

Lanjutkan dengan menunjukkan contoh cara yang tepat mengatasi kecemasan, misalnya cobalah terlihat tenang di hadapan anak dan katakan padanya untuk melakukan hal yang sama. dengan begitu dia bisa meniru apa yang Anda lakukan, walaupun butuh proses dan waktu yang lama.

Untuk memaksimalkan upaya mengatasi kecemasan, hiburlah anak dan beri pengertian yang realistis tentang gangguan kecemasan sosial yang dialaminya. Misalnya dia cemas saat berada di dalam ruangan sempit, ucapkanlah “Tidak ada masalah di ruangan ini, kamu akan baik-baik saja,” itu akan mengurangi rasa cemasnya.

Cara berikutnya adalah dengan membiasakan anak berada pada kondisi tidak nyaman tersebut, dengan secara perlahan dia akan menerima penyebab cemasnya itu sebagai sesuatu hal yang biasa. Misalnya si anak sangat takut cemas saat berada di keramaian, maka seringlah mengajaknya ke tempat ramai dan buat dia nyaman selama berada disana.

Terakhir adalah mengajarkan anak untuk menenangkan diri sendiri, karena kecemasan bisa datang kapan saja bahkan ketika dia sedang sendirian. Misalnya mintalah anak untuk menarik nafas dalam-dalam secara kontinu juga merasa tenang. Bisa juga dengan mengajarkan dia membayangkan hal yang diimpikannya sebagai upaya mengatasi kecemasan.

Cara Mengatasi Kecemasan Sosial Pada Orang Dewasa

Beda dengan cara mengatasi kecemasan sosial pada anak, orang dewasa yang mengalami masalah tersebut sebaiknya melakukan langkah yang tepat agar fobia tersebut bisa diatasi dengan baik. Awali dengan mengidentifikasi penyebab dari kecemasan yang dialami, dengan begitu akan lebih mudah mengatasinya.

Kemudian Anda bisa melakukan terapi relaksasi, dengan metode meditasi dan memberikan sugesti positif pada diri sendiri. Lakukan secara rutin hingga Anda merasa nyaman dan tenang setiap kali kecemasan itu muncul. Memang terkadang cara ini hanya bisa menghilangkan tekanan batin, bukan menghilangkan masalah kecemasan sosial secara keseluruhan.

Cara berikutnya adalah dengan melibatkan ahli kesehatan, apalagi jika kecemasan yang dialami sudah melewati batas tolerir diri sendiri. Misalnya sudah menyebabkan sulit bernafas bahkan pingsan. Biasanya dokter akan memberikan obat-obatan khusus seperti sertraline dan paroxetine, tapi penggunaannya memang harus dengan resep dokter.

Jadi mulai sekarang jangan lagi mengabaikan rasa cemas berlebihan yang Anda atau orang terdekat alami, segera cari cara paling tepat untuk mengatasinya. Jika tidak maka kecemasan sosial tersebut akan berdampak buruk pada kesehatan, bahkan bisa menyebabkan penderita melakukan hal-hal di luar nalar. Ayo atasi sekarang juga.

 42 total views

Posted on

5 Komposisi Menu Diet Mayo dan Cara Penerapan

Salah satu jenis diet yang populer adalah diet mayo yang menerapkan aturan kebiasaan makan makanan yang sehat selama 13 hari.  Lalu apa saja menunya dan bagaimana menerapkannya? Simak informasi mengenai menu diet mayo berikut ini.

Apa Saja Menu Diet Mayo

Diet mayo dibuat dengan menentukan aturan berapa banyak porsi kalori yang boleh dikonsumsi setiap harinya, dengan menu-menu berikut ini:

1. Buah dan Sayur

Buah dan sayur adalah makanan yang disarankan untuk dikonsumsi tanpa ada batasan jumlahnya. Bahkan Anda disarankan minimal konsumsi 3 atau 4 porsi buah dan sayur per hari.

2. Karbohidrat

Karbohidrat juga diperlukan untuk sumber energi saat beraktivitas, dalam program diet mayo Anda disarankan konsumsi 4-8 porsi karbohidrat per hari.

3. Protein dan Susu

Anda disarankan konsumsi protein atau susu sebanyak 3-7 porsi per hari

4. Lemak

Anda tetap dibolehkan konsumsi lemak namun lemak yang sehat sebanyak 3-5 porsi per hari  

5. Makanan Manis

Salah satu yang menyenangkan melakukan diet mayo adalah tetap dibolehkannya konsumsi makanan manis, tapi sebatas 75 kalori saja per hari. Makanan manis yang dibolehkan tersebut contohnya dark chocolate.

Bagaimana Cara Menerapkan Menu Diet Mayo

Adapun cara menerapkan menu diet mayo selama 13 hari tersebut adalah seperti ini:

Menu hari ke-1, ke-7, dan ke-13

  • Sarapan : Segelas sereal, segelas susu tanpa lemak, teh herbal dan 1 buah pisang.
  • Makan siang : Roti gandum 2 lembar diisi dengan dada ayam tanpa lemak atau 110 gram ikan tuna, 1/2  sendok teh kari bubuk dan mayonaise rendah kalori 1 sendok makan, cincangan seledri dan daun selada sesuai selera Anda
  • makan malam : Ikan kod campur lemon, buncis kukus 115 gram, irisan buah bit 75 gram, salad dan minyak zaitun, air lemon dan jeruk 1 buah.
  • Cemilan : 1 buah pear ukuran kecil yang boleh dimakan kapan saja

Menu hari ke-2 dan ke-8

  • Sarapan : 1/2 gelas oatmeal dicampur 1 gelas susu, 2 sendok makan kismis, dan minuman tanpa kalori
  • Makan siang : Quinoa, kue ubi manis, salad dengan dressing non lemak, dan minuman tanpa kalori
  • Makan malam : sepotong pizza, 115 gram buah campur, dan minuman tanpa kalori
  • Cemilan : segelas paprika

Menu hari ke-3 dan ke-9

  • Sarapan: segelas kopi atau teh bisa dengan gula tapi jangan pakai susu
  • Makan siang: telur rebus 2 butir, tomat 1 buah, dan bayam kukus 1 ikan atau bisa juga direbus.
  • Makan malam: daging sapi panggang 57 gram, buncis kukus 100 gram, baby potato sebanyak 3 buah yang dibumbui dengan 1 sendok teh margarin tanpa lemak, salad, dan minuman bebas kalori
  • Cemilan: buah dan sayur

Menu hari ke-4 dan ke-10

  • Sarapan:wortel besar 1 buah yang diparut kasar dan beri lemon atau jeruk nipis
  • Makan siang: ayam kukus 2,5 ons yang diberi bumbu sedikit mentega tanpa garam.
  • Makan malam: buah pepaya 1 mangkok yang  diberi  jeruk nipis, dan segelas susu tanpa lemak.
  • Cemilan: baby carrot 1 gelas

Menu hari ke-5 dan ke-11

  • Sarapan: blueberry 115 gram dengan 1/2 gelas jus jeruk
  • Makan siang: makaroni panggang yang dicampur dan bayam dan saus kari
  • Makan malam: bakso bakar dengan jamur ditambah saus tomat, serta puding
  • Cemilan: sayuran

Menu hari ke-6 dan ke-12

  • Sarapan: Strawberry 75 gram dan 1/2 gelas jus jeruk
  • Makan siang: kue kentang, ayam katsu dan buah
  • Makan malam: telur rebus, puding buah dan saus kari
  • Cemilan: Buah dan sayur

Itulah menu diet mayo yang dapat Anda terapkan untuk hasil maksimal dengan tubuh sehat dan ideal.

 50 total views

Posted on

Hindari Jenis Makanan Ini !! Penyebab Stroke Ringan

Tahukah Anda kurangnya melakukan olahraga dan gaya hidup yang tidak sehat dengan banyak konsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi menjadi pemicu timbulnya stroke ringan? Lalu makanan apa saja yang menjadi pemicunya? Simak ulasan beberapa makanan penyebab stroke ringan berikut ini.

1. Daging olahan

Daging olahan merupakan salah satu makanan pemicu stroke, dikarenakan daging olahan memiliki kandungan natrium yang cukup tinggi ditambah lagi adanya bahan pengawet di dalamnya. Para ahli menyimpulkan natrium nitrat dan nitrit dapat merusak pembuluh darah secara langsung dan menyebabkan arteri mengeras serta menyempit.

Pada sebuah jurnal Circulation yang melakukan riset meta-analisis memperkirakan bahwa adanya kenaikan sebesar 42 % terkena risiko penyakit jantung koroner bagi mereka yang konsumsi 1  porsi daging olahan per hari.

2. Makanan kaleng dan makanan siap saji.

Menurut para ahli nutrisi makanan kaleng yang didalamnya mengandung sodium dan garam (natrium) terlalu tinggi tidak disarankan untuk sering dikonsumsi. Karena garam atau sodium dapat menjadi pemicu terjadinya stroke

Asosiasi Jantung dan Stroke Amerika Serikat merekomendasikan asupan sodium dalam sehari tidak boleh lebih dari 1.500 mg. Sebuah riset terbaru mengatakan, orang yang mengkonsumsi 4.000 mg sodium sehari, akan berisiko 2 kali  lipat kena stroke dibanding mereka yang mengkonsumsi 2.000 mg atau bahkan kurang.

3. Gorengan, keripik dan kerupuk

Kerupuk, keripik dan crackers, atau makanan yang digoreng dengan kandungan lemak trans yang menggunakan minyak terhidrogen dalam proses pembuatannya.

Batasi konsumsi makanan jenis ini, karena lemak trans bersifat berbahaya yang mampu menyumbat saluran pembuluh darah, meningkatkan konsentrasi lipid atau lemak dan menurunkan kolesterol baik.

Pada sebuah penelitian di University of North Carolina Amerika Serikat ditemukan wanita yang setiap hari mengkonsumsi 7 gram lemak trans yang terdapat pada donat dan kentang goreng berisiko terserang stroke hingga 30 % lebih tinggi dibandingkan wanita yang hanya mengkonsumsi 1 gram lemak trans.

4. Minuman soda

Minuman bersoda juga ternyata dapat menjadi penyebab terjadinya stroke ringan bila Anda mengkonsumsinya secara berlebihan. Hal ini karena kandungan pemanis tambahan pada soda yang meningkatkan kadar gula darah dan insulin, itulah yang memicu peradangan dan resistensi insulin.

Bila kondisi ini terus menerus maka suplai oksigen dalam darah ke otak dapat mengalami penyumbatan karena zat aktif yang terkandung dalam soda dan akhirnya terjadilah serangan stroke ringan.

5. Makanan yang banyak mengandung pemanis buatan

Makanan manis memang sulit dihindarkan dalam kehidupan sehari – hari, tetapi bila Anda konsumsinya dengan berlebihan dan terus menerus akan memicu terjadinya stroke ringan. Karena makanan manis memiliki glukosa yang mengandung kadar gula yang tinggi.

Sehingga bila dikonsumsi terus menerus akan merusak pembuluh darah yang dapat meningkatkan resiko terjadinya serangan jantung dan stroke. Beberapa makanan manis tersebut  diantaranya adalah aneka snack, makanan siap saji, dan kudapan yang mengandung gula tambahan atau pemanis buatan.

6. Daging sapi

Mungkin selama ini tidak banyak orang tahu bahwa banyak konsumsi daging merah dapat memicu terjadinya stroke. Hal ini karena lemak yang ada pada daging sapi dapat menyumbat pembuluh darah yang mengakibat aliran darah menuju otak tidak lancar, dan akhirnya terserang stroke.

Penelitian mengungkapkan bahwa konsumsi daging sapi sebanyak dua porsi atau lebih dapat menyebabkan seseorang terkena stroke hingga 28 % dibandingkan dengan seseorang  yang tidak mengkonsumsinya.  

Untuk itu konsumsi daging sapi disarankan hanya sebanyak 4 hingga 6 ons saja per hari itupun masih beresiko sebesar 19 % dibanding yang tidak mengkonsumsinya.

Itulah informasi mengenai makanan penyebab stroke ringan, bila Anda menyayangi tubuh Anda hindarilah makanan – makanan tersebut yang menjadi pemicu stroke dan jagalah pola hidup sehat agar terhindar dari serangan stroke.

 54 total views

Posted on

Mengatur Pola Makanan untuk Penderita Stroke Hemoragik Wajib Diketahui

Memperhatikan pola makanan untuk penderita stroke hemoragik adalah hal yang sangat penting dalam menjaga kesehatan. Terutama untuk masa pemulihan, hal tersebut sangatlah penting agar penyakit stroke tidak semakin berkembang.

Maka dari itu, Anda harus mengetahui segala makanan yang dianjurkan dan pantangan agar bisa dihindari sejak awal. Dengan seluruh informasi tentang seluruh pola makan sehat tersebut, dijamin Anda lebih mudah untuk mengatur menu.

Makanan yang Paling Aman untuk Penderita Stroke Hemoragik

Perlu Anda ketahui bahwa orang yang menderita stroke hemoragik harus diperhatikan betul bagaimana pola konsumsinya setiap hari. Apabila tidak diperhatikan dengan seksama, bisa saja tekanan darah semakin tinggi ke otak.

Jadi, mulailah mencari tahu kumpulan menu makanan untuk penderita stroke agar membantu proses pemulihan. Dilansir dari www.halodoc.com, terdapat beberapa menu makanan yang paling direkomendasikan untuk mengurangi resiko stroke.

Kandungan pertama yang harus dipenuhi tentunya adalah sayuran dengan berbagai gizi dan nutrisi di dalamnya. Dengan mengonsumsi banyak sayuran terutama yang berwarna hijau, bisa menurunkan angka kolesterol di dalam tubuh.

Sayuran hijau mengandung klorofil yang baik bagi tubuh sekaligus ada antioksidan dalam kadar cukup tinggi. Lalu untuk jenis buah-buahan, ada beberapa jenis buah yang memiliki dampak positif dalam memulihkan penyakit stroke.

Mengonsumsi buah sangat baik untuk kesehatan tubuh karena bisa membuat pencernaan semakin lancar setiap hari. Hal ini mampu menghindari segala penyakit yang mungkin saja tersumbat dan memicu timbulnya stroke hemoragik.

Jangan lupakan peran dari makanan yang tinggi serat dan ikan sebagai lauk karena memiliki banyak zat sehat. Berbagai zat yang dimiliki dalam kedua resep makanan penderita stroke tersebut ternyata mampu bereaksi secara signifikan.

Bagi penderita stroke, perlu juga konsumsi susu yang rendah lemak agar mampu menurunkan tekanan darah. Sebagai tambahan, makanan yang mengandung kalium tinggi juga diperlukan untuk menurunkan resiko munculnya stroke kembali.

Makanan yang Wajib Dihindari Penderita Stroke Hemoragik

Setelah mengetahui apa saja makanan pencegah stroke, faktanya ada juga beberapa pantangan yang perlu dihindari oleh penderita hemoragik. Dengan memahami setiap pantangan, Anda bisa makan secara aman tanpa khawatir sejak awal.

Sesuai informasi dari www.hellosehat.com, ternyata para penderita stroke hemoragik tidak boleh mengonsumsi makanan instan dari kemasan. Hal ini disebabkan karena makanan instan pasti mengandung bahan pengawet tertentu.

Bahkan ada juga zat pewarna yang sangat memungkinkan menjadi berbahaya bagi tubuh penderita stroke hemoragik. Selain itu, Anda juga perlu menghindari makanan dan minuman apapun yang memiliki kadar gula tinggi mulai sekarang.

Batas maksimal untuk mengonsumsi gula bagi penderita stroke hemoragik hanya sampai 4 sendok makan saja. Alangkah baiknya bila Anda hampir mulai beralih ke gula khusus yang dianjurkan oleh para dokter dan ahli gizi.

Hindari pula makanan yang rasanya terlalu asin karena memiliki kadar garam tinggi karena dapat memicu hipertensi. Dari adanya hipertensi, bisa saja sang penderita yang hampir pulih justru kembali muncul kembali penyakit stroke tersebut.

Keberadaan makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi juga harus diperhatikan secara seksama. Jangan sampai Anda mengonsumsi makanan dengan lemak jenuh dan lemak trans karena dianggap sebagai lemak jahat.

Ditambah lagi, seluruh minuman atau makanan yang beralkohol juga harus dihentikan sekarang juga bila masih mengonsumsi. Dengan memperhatikan semua makanan untuk penderita stroke hemoragik, pasti penyakit tidak akan datang lagi.

 56 total views

Posted on

Penyebab Stroke Sebelah Kiri yang Perlu Diwaspadai

Stroke adalah sebuah kondisi dimana aliran darah pada otak mengalami penyumbatan sehingga tidak dapat mengalir dengan normal. Stroke dapat terjadi pada bagian sebelah kanan dan sebelah kiri pada otak, lalu apa penyebab stroke sebelah kiri dan kanan? Simak ulasannya dibawah ini.

Perbedaan Stroke Sebelah Kiri dan Stroke Sebelah Kanan

Stroke yang terjadi pada gangguan pembuluh darah yang berakibat pada bagian sel otak sebelah kanan dinamakan stroke sebelah kanan, sedangkan stroke sebelah kiri terjadinya gangguan pada pembuluh darah yang berakibat rusaknya sel otak sebelah kiri. Itulah yang membedakan kedua stroke tersebut.

Perbedaan Akibat Terjadinya Stroke Kanan dan Stroke Kiri

Otak kanan dan kiri mempunyai fungsi yang berbeda, begitu juga pada akibat yang terjadi karena salah satu gangguan pada bagian masing – masing pun berbeda satu dan lainnya.

Gangguan yang terjadi pada otak sebelah kanan akan mengakibatkan fungsi anggota tubuh terganggu seperti:

  • Hilangnya kontrol dan fungsi kerja tubuh bagian kiri
  • Tak mampu mengendalikan emosi
  • Hilangnya kemampuan untuk berkreativitas, imajinasi dan intuisi

Sedangkan gangguan pada otak sebelah kiri akan berakibat terganggunya fungsi anggota tubuh seperti:

  • Hilangnya kontrol dan fungsi kerja bagian tubuh kanan
  • Hilangnya kemampuan bicara dan susah memahami pembicaraan orang lain
  • Hilangnya kemampuan dalam hal melihat suatu objek
  • Hilangnya kemampuan nalar dan berpikir
  • Hilangnya kemampuan berhitung secara sistematis

Penyebab Stroke Kanan dan Kiri

Secara umum tidak ada perbedaan  antara penyebab stroke sebelah kanan dan kiri, yaitu:

1. Hipertensi

Hipertensi terjadi karena adanya dorongan yang kuat pada aliran darah menuju dinding arteri jantung. Inilah yang menyebabkan tekanan darah seseorang menjadi tinggi. Tekanan darah yang terlalu tinggi mengakibatkan terjadinya pengerasan pada pembuluh darah arteri.

Pengerasan tersebut akan disertai dengan penebalan dan penyumbatan aliran darah menuju otak. Dan itulah yang dapat menjadi penyebab terjadinya stroke sebelah kiri dan kanan.

2. Penyakit Jantung

Jantung merupakan pusat aliran darah dalam tubuh manusia, bila jantung mengalami gangguan seperti gagal jantung, infeksi jantung, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan jantung, maka aliran darah menuju organ vital lainnya termasuk otak tidak dapat mengalir dengan normal.

3. Obesitas

Obesitas atau kegemukan dapat menjadi faktor penyebab stroke sebelah kiri maupun kanan. Tumpukan lemak yang tinggi berpotensi mengalami kolesterol tinggi  dalam darah, dan bila kadar kolesterol dalam tubuh tinggi, maka akan mengakibatkan gumpalan atau penyumbatan darah menuju otak.

4. Penyakit Diabetes

Seseorang yang mempunyai penyakit diabetes, mengalami penurunan kadar glukosa dalam darah, yang selanjutnya akan mengalami kerusakan pada otak.

5. Perokok

Seseorang yang rutin menghisap rokok akan mengalami penebalan dinding dalam pembuluh darahnya. Bila mengalami penebalan maka akan menyebabkan gangguan aliran darah menuju otak, dan hal itulah yang lalu terjadilah stroke.

6. Keturunan

Faktur keturunan atau disebut juga genetik dapat menjadi pemicu terjadinya stroke kiri dan kanan Misalnya seseorang yang memiliki penyakit jantung atau hipertensi maka akan memiliki resiko menurunkan penyakitnya tersebut pada anak-anaknya kelak.

7. Pola hidup yang tidak sehat

Pola hidup yang tidak sehat seperti kurang berolahraga, stres, konsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol, konsumsi narkoba dan alkohol juga dapat menjadi penyebab timbulnya stroke sebelah kiri. Karena itu untuk mengurangi resiko terjadi stroke jagalah pola hidup Anda.

Itulah informasi mengenai penyebab stroke sebelah kiri  yang dapat terjadi pada siapa saja, semoga bermanfaat bagi Anda.

 60 total views

Posted on

Kecemasan Sosial Bisakah Diatasi?

Pernahkan Anda merasakan ketakutan luar biasa saat berada di tengah keramaian, atau cemas tingkat tinggi saat berkomunikasi dengan orang lain? Bisa jadi Anda memiliki masalah kecemasan sosialatau disebut juga social anxiety disorder, jika tidak diatasi akan merusak kehidupan jangka panjang. Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Kecemasan yang satu ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Diantaranya kondisi lingkungan yang membuatnya cemas setiap saat, kondisi bagian otak yang disebut amigdalayang tidak normal, atau jumlah hormon serotonin yang tidak cukup di dalam tubuh. Ketika penyebab bisa diketahui, maka cara mengatasi yang dilakukan akan lebih tepat.

Cara Mengatasi Kecemasan Sosial Pada Anak-Anak

Jika Anda bisa mengidentifikasi kecemasan sejak kecil, akan lebih mudah untuk mengatasinya. Tinggal mengikuti beberapa cara mengatasi kecemasan sosial ini, yang sebaiknya dilakukan oleh orangtua atau orang terdekatnya.

Mulailah dengan menghargai perasaan cemasnya dengan memperlihatkan rasa empati, dengan begitu dia tidak akan merasa sendirian menghadapi hal tersebut. Bisa dengan memberikan pelukan hangat, membelai kepalanya, atau mengusap pundaknya hingga anak merasa tenang.

Lanjutkan dengan menunjukkan contoh cara yang tepat mengatasi kecemasan, misalnya cobalah terlihat tenang di hadapan anak dan katakan padanya untuk melakukan hal yang sama. dengan begitu dia bisa meniru apa yang Anda lakukan, walaupun butuh proses dan waktu yang lama.

Untuk memaksimalkan upaya mengatasi kecemasan, hiburlah anak dan beri pengertian yang realistis tentang gangguan kecemasan sosial yang dialaminya. Misalnya dia cemas saat berada di dalam ruangan sempit, ucapkanlah “Tidak ada masalah di ruangan ini, kamu akan baik-baik saja,” itu akan mengurangi rasa cemasnya.

Cara berikutnya adalah dengan membiasakan anak berada pada kondisi tidak nyaman tersebut, dengan secara perlahan dia akan menerima penyebab cemasnya itu sebagai sesuatu hal yang biasa. Misalnya si anak sangat takut cemas saat berada di keramaian, maka seringlah mengajaknya ke tempat ramai dan buat dia nyaman selama berada disana.

Terakhir adalah mengajarkan anak untuk menenangkan diri sendiri, karena kecemasan bisa datang kapan saja bahkan ketika dia sedang sendirian. Misalnya mintalah anak untuk menarik nafas dalam-dalam secara kontinu juga merasa tenang. Bisa juga dengan mengajarkan dia membayangkan hal yang diimpikannya sebagai upaya mengatasi kecemasan.

Cara Mengatasi Kecemasan Sosial Pada Orang Dewasa

Beda dengan cara mengatasi kecemasan sosial pada anak, orang dewasa yang mengalami masalah tersebut sebaiknya melakukan langkah yang tepat agar fobia tersebut bisa diatasi dengan baik. Awali dengan mengidentifikasi penyebab dari kecemasan yang dialami, dengan begitu akan lebih mudah mengatasinya.

Kemudian Anda bisa melakukan terapi relaksasi, dengan metode meditasi dan memberikan sugesti positif pada diri sendiri. Lakukan secara rutin hingga Anda merasa nyaman dan tenang setiap kali kecemasan itu muncul. Memang terkadang cara ini hanya bisa menghilangkan tekanan batin, bukan menghilangkan masalah kecemasan sosial secara keseluruhan.

Cara berikutnya adalah dengan melibatkan ahli kesehatan, apalagi jika kecemasan yang dialami sudah melewati batas tolerir diri sendiri. Misalnya sudah menyebabkan sulit bernafas bahkan pingsan. Biasanya dokter akan memberikan obat-obatan khusus seperti sertraline dan paroxetine, tapi penggunaannya memang harus dengan resep dokter.

Jadi mulai sekarang jangan lagi mengabaikan rasa cemas berlebihan yang Anda atau orang terdekat alami, segera cari cara paling tepat untuk mengatasinya. Jika tidak maka kecemasan sosial tersebut akan berdampak buruk pada kesehatan, bahkan bisa menyebabkan penderita melakukan hal-hal di luar nalar. Ayo atasi sekarang juga.

 54 total views